5 Layanan Cloud Storage Gratis Terpopuler

   Rasaya sudah ketinggalan zaman jika masih ada orang yang menyimpan datanya hanya pada desktop PC, terlebih dengan semakin banyaknya kebutuhan data di era komputasi ini, membuat penyedia layanan Cloud Storage berlomba-lomba menawarkan beragam kelebihan masing-masing layanannya. 

   Pada dasarnya layanan Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data berbasis internet yang mampu menyimpan file yang berukuran relatif besar. Biasanya pengguna diminta untuk registrasi/ sign in terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan layanan Cloud Storage ini. Beberapa dari penyedia layanan ini juga menawarkan fitur sinkronisasi dengan PC atau Gadget, sehingga jika ada file baru yang masuk ke akun Cloud Storage milik pengguna, otomatis file tersebut akan dimasukkan ke dalam PC atau Gadget miliknya. 

Baca juga: Trik Mengoptimalkan Penyimpanan Cloud Drive

   Berhubung setiap layanan Cloud Storage memiliki kapasitas penyimpanan dan kecepatan akses yang berbeda-beda, dan kalau kamu sedang mencari kayanan Cloud Sharing yang pas, silahkan cek 5 Layanan Cloud Sharing Gratis Terpopuler dan bandingkan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Dropbox


Kapasitas 2GB   +200MB untuk setiap teman yang diajak menggunakan Dropbox, +125MB setiap terhubung ke Facebook atau Twitter, +250MB untuk mengukiti tur dasar Dropbox, +1GB untuk akun Mailbox, +3GB untuk mengaktifkan fitur camera upload, +1TB untuk berlangganan dengan membayar £7,99 per bulan.
Kelebihan    Terintegrasi dengan berbagai perangkat
Kelemahan    Layanan versi web kurang baik dibanding aplikasi desktop/ mobile

   Dropbox adalah salah satu dari sekian banyak layanan Cloud Storage yang banyak diminati pengguna PC dan Gadget karena banyaknya fitur yang ditawarkan dan mudah digunakan. Layanan ini juga dapat diakses hampir di semua platform, seperti web, Windows, Mac, Linux, Android, IOs, BlackBerry, dan KindleFire. Dropbox memastikan kalau datamu bisa diambil kapan saja dan di mana saja tanpa peduli platform apa yang sedang kamu gunakan. 


   Dropbox tidak mengenal batasan file untuk diunggah, namun yang perlu diperhatikan adalah kapasitas penyimpanan awal Dropbox yang agak kecil, yakni 2GB. Sebagai alternatifnya pengguna Dropbox bisa mendapat tambahan kapasitas penyimpanan sebanyak 200MB dengan mengajak teman untuk menggunakan layanan Dropbox (max. 16GB).

   Untuk sinkronisasinya, Dropbox menyediakan aplikasi sinkronisasi yang bisa didownload via web atau lewat PlayStore dan Appstore. Setelah aplikasi terinstall, sinkronisasi langsung berjalan otomatis, dengan syarat ada sambungan internet tentunya.


OneDrive


Kapasitas 15GB  +100GB untuk $1.99 per bulan, +200GB untuk $3.99 per bulan, +1TB untuk $6.99 per bulan. 
KelebihanTerintegrasi baik dengan perangkat Windows
KelemahanPemberlakuan aturan upload file
Cara berbagi file agak ribet


   Pengguna Windows 8 ke atas tentunya sudah tak asing lagi dengan layanan cloud yang satu ini. OneDrive merupakan layanan Cloud Storage dari microsoft yang mulai tersedia secara langsung bagi penggunan Windows 8 dan 8.1. OneDrive terintegrasi dengan baik di perangkat Windows dan dapat juga digunakan di web, Android, IOs, Windows Phone, dan Xbox Apps.

   Untuk ruang penyimpanannya OneDrive menyediakan kapasitas yang bisa dibilang cukup besar, yakni 15GB untuk setiap akunnya. Penggunanya dapat menyimpan berbagai file seperti dokumen, gambar, musik, dll. ke dalam OneDrive.

   Yang menarik dari OneDrive yakni kemampuan kombinasinya dengan program Microsoft Office, seperti MS Word, Excel, dan PowerPoint. Selain itu jika pengguna memiliki program Office 365, maka pengguna bisa melihat sekaligus mengedit file yang tersimpan di OneDrive bersama rekan secara real time.


Google Drive


Kapasitas 15GB  +100GB untuk $1.99 per bulan, +1TB untuk $9.99 per bulan, +10TB untuk $99.99 per bulan, +20TB untuk $199.99 per bulan, +30TB untuk $299.99 per bulan. 
Kelebihan  Cocok untuk pemilik Google Account
Kelemahan  Tidak bisa mengunggah foto dari smartphone langsung ke Google Drive, hanya bisa mengunggah foto ke Google+

   Google Drive adalah layana Cloud Storage gratis dari Google. Google Drive terintegrasi dengan hampir semua perangkat, terutama dengan perangkat Chromium. Kalau kamu menggunakan laptop Chromebook, maka disarankan untuk memilih Google Drive sebagai media penyimpanan cloudmu.

   Kapasitas penyimpanan Google Drive untuk setiap akunnya sama dengan OneDrive, yakni 15 GB yang akan dibagi-bagi ke dalam akun Gmail, Google Docs, Google+ dan Google Drive itu sendiri. Pengguna bisa saja menambah kapasitas penyimpanan hingga 30TB dengan mengeluarkan biaya tambahan perbulannya.

   Google Drive juga memiliki fitur built-in Office sehingga pengguna bisa mengedit dokumen seperti Word, Excel, atau PowerPoint secara langsung. Beberapa aplikasi pihak ketiga seperti pengirim fax dan pemberi tanda tangan juga didukung Google Drive.
 

Copy



Kapasitas 15GB  +250GB untuk $4.99 per bulan, +1TB untuk $9.99 per bulan.  
Kelebihan  Mudah digunakan
Kelemahan  Layanan versi web kurang baik dibanding aplikasi desktop/ mobile


   Copy merupakan layanan Cloud Storage yang cocok baik untuk perseorangan maupun untuk bisnis. Layanan ini kompatibel untuk berbagai macam perangkat seperti komputer, laptop, smartphone dan juga tablet. Untuk keamanan, Copy memberikan jaminan privasi yang sangat tinggi kepada penggunanya.

  Untuk kapasitasnya, 15GB adalah kapasitas yang diberikan Copy secara cuma-cuma kepada penggunanya. Jika masih dirasa kurang, pengguna bisa membeli kapasitas tambahan hingga 11TB.

   Fitur yang menarik dari Copy adalah kemampuan untuk berbagi jatah kapasitas folder yang dishare antar akun. Misalnya jika kamu memiliki folder sebesar 10GB yang dishare dengan seorang temanmu, maka folder tersebut hanya memakan kapasitas 5GB di setiap akun, alias fifty-fifty.


Box



Kapasitas 10GB  PERSONAL +100GB untuk $11.50 per bulan.BUSSINESS +100GB untuk $6 per bulan per anggota, +Unlimited Storage untuk $17 per bulan per anggota. 
Kelebihan   Cocok untuk pelaku bisnis dan IT
Kelemahan  Fitur yang disediakan untuk pebisnis kadang mengganggu penggunan biasa


   Walaopun sama-sama berupa layanan Cloud Storage, sebenarnya Box lebih diperuntukan bagi pelaku bisnis dan IT. Yep, fitur=fitur yang ada di dalam Box memang dipusatkan untuk menunjang layanan bisnis, seperti pemberian komentar file, pemberian notifikasi untuk file yang sudah dimodifikasi, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu Box menyediakan sinkronisasi yang mudah agar kerja tim menjadi lebih efisien.

   Box menyediakan kapasitas sebanyak 10GB untuk setiap akunnya dengan batas upload file 250MB untuk akun gratisnya. Jika ingin menambah kuota, pengguna box bisa membeli paket berlangganan dengan kapasitas data unlimited.

  Soal privasi, Box menyediakan beragam fitur unggulan untuk penggunanya seperti mengatur siapa saja yang dapat mengunggah, melihat serta mengedit file dan folder. Pengguna Box juga bisa mengatur password  dan mengatur masa kadaluarsa dari file atau folder yang dibagikan.

   Beberapa plugin seperti Office360 dan Adobe Lightroom disediakan oleh Box agar penggunanya dapat membuka dan mengedit file yang disimpan, dan jika diperlukan para pelaku bisnis dapat menghubungkan Box dengan layanan bisnis seperti Salesforce dan NetSuite agar mereka dapat menyimpan dokumen langsung di Box.


Sekian dan semoga bermanfaat.



Referensi:
http://www.zallegiance.com/2015/04/9-alternatif-dropbox-free-cloud-storage-terbaik.html
http://carisinyal.com/2014/07/layanan-cloud-storage-terbaik/


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Layanan Cloud Storage Gratis Terpopuler "

Posting Komentar