Inilah Alasan Mengapa Anime Memakai Format MKV

anime mkv format

   kalau kamu biasa mendownload dan menonton anime lewat laptop/ PC, pasti akan menyadari format video yang digunakan. Yep, kebanyakan (tidak semua) anime memang menggunakan format MKV di videonya.

   Tapi pernahkah terpikir di benak kata-kata seperti ini: "Kenapa sih kok pakenya MKV? kenapa nggak yang lain aja?". Nah, berangkat dari ide itulah akhirnya Saya 'mengorek-orek' mbah gugel dan akhirnya tahu alasannya. Nah, sebelum kamu tahu alasannya lebih baik cari tahu lebih dulu apa dan seperti apa format MKV itu.

Apa Itu MKV?

matroska video file

   MKV, adalah singkatan dari Matroska Video. Matroska merupakan Standard Format Container Multimedia, yakni format file multimedia yang mampu menyimpbanyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar dan subtitle hanya dalam satu file saja. Matroska berasal dari kata Matryoshka, yakni boneka tradisional Rusia yang di dalam bonekanya berisi boneka yang sama persis dan begitu terus hingga boneka paling kecil. Nah, dari situlah makna kata Matryoshka yang berarti di dalam format MKV berisi data audio, video, dan subtitle sekaligus.

   MKV sendiri sebenarnya mempunyai konsep yang sama dengan format AVI, MP4, 3GP, FLV, atau ASF. Namun Matroska lebih bersifat Open Source. Selain itu format juga lebih ringkas dibanding AVI. Sebagai contoh, film dengan format AVI yang rata-rata membutuhkan space 700 MB, maka format MKV hanya membutuhkan space 500 MB untuk satu film dengan kualitas yang sama. Oleh karena perbedaan ukuran file yang begitu signifikan tadi, maka sejak tahun 2010 format MKV mulai populer di kalangan penikmat film. 

Charlotte eps. 3 sub indo
Contoh tampilan anime berformat MKV

Lalu, kenapa kebanyakan Anime menggunakan format ini?

   Jawaban dari pertanyaan di atas adalah karena MKV memiliki beberapa kelebihan seperti:
  • Pencarian yang cepat di dalam file
  • Adanya entri episode/ chapter
  • Mendukung full metadata (tags)
  • Data Subtitle/ Audio/ Video yang dapat dipilih
  • Dapat dikembangkan sendiri dengan mudah
  • Error Resilience (Dapat dijalankan meski sebagian data rusak)
  • Dapat dijalankan secara streaming
  • Mempunya menu seperti DVD. 
   Nah, oleh karena kelebihannya tidak mengherankan kalau format MKV kini banyak digemari, khususnya bagi penikmat film, dan tentu saja juga para penikmat anime dan subber. 

   Itu tadi untuk yang laptop dan PC. Lalu bagaimana dengan yang memakai smartphone? Baca juga 3 Aplikasi Android untuk Nonton Anime


Sekian dan semoga bermanfaat.


Referensi:
https://gadgetboi.wordpress.com/2011/07/04/mkv/
http://ebsoft.web.id/mengenal-format-video-pilihan-mkv-matroska-video/


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Alasan Mengapa Anime Memakai Format MKV"

Posting Komentar