Suka Pakai Wi-Fi? 6 Tools ini Harus Ada di PC-mu!


   Di Era Komunikasi ini, Wi-Fi tak bisa lepas bahkan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi banyak orang. Banyak orang menggantungkan Wi-Fi untuk beragam keperluan. Maka dari itu banyak orang menggunakan beragam gadget untuk mengakses internet menggunakan Wi-Fi, seperti Ponsel Pintar atau Smartphone, Laptop, dan juga PC.    

  sayangnya, untuk pengguna PC (Terutama dengan OS Windows) belakangan diketahui kalau Windows tidak memiliki Wi-Fi Tools yang sebagus di Smartphone. Lho, Kok? Memang Windows mampu mendeteksi dan mengkoneksikan perangkatnya ke Wi-Fi terdekat, namun hanya sebatas teman itu saja. Lalu bagaimana dengan detail informasi suatu Wi-Fi? Bagaimana tingkat Kemanannya? Windows tak mampu menjawab. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Smartphone lebih laris di pasaran ketimbang Laptop atau PC. 

   Nah, dari akar permasalahan itulah lahir 6 Wi-Fi Tools yang bisa membantu pengguna Windows untuk mengoptimalisasi perangkat Wi-Fi nya. Apa dan seperti apa toolsnya? lihat aja di bawah ini.


InSSIDer


  Memang judulnya agak @L4y, namun setidaknya memiliki performance yang tidak se-@L4y judulnya. Software ini tak hanya mampu mencari koneksi Wi-Fi di sekitarmu, tapi juga mengumpulkan informasi tiap-tiap Wi-Fi network. InSSIDer juga menyediakan fungsi Troubleshooting  manakala kamu mengalami masalah waktu mengkoneksikan perangkatmu ke Wi-Fi. 

  Bagaimana cara kerja Troubleshooting di InSSIDer? InSSIDer akan menampilkan grafik kekuatan sinyal suatu Wi-Fi network yang jelas, sehingga pengguna bisa membandingkan Wi-Fi mana yang memiliki kekuatan sinyal paling banyak. Jauh lebih akurat ketimbang indikator signal strength bawaan Windows yang cuma menampilkan 5 bar sederhana saja. 

   Yang menarik nih, software ini juga mampu mendeteksi Friend Zone Dead Zone. Dead Zone adalah area yang tidak terjangkau sinyal Wi-Fi, biasanya ditandai dengan sinyal yang rendah pada grafik. Untuk mendeteksinya cukup bawa Laptopmu "jalan-jalan" di sekitar rumah atau kantor, dan saat dimana kamu mendapatkan sinyal Wi-Fi yang rendah, maka disitulah Dead Zone wi-fi mu.


Xirrus Wi-Fi Inspector


   Xirrus juga memiliki cara kerja yang sama dengan InSSIDer. Software ini mampu memberikan informasi suatu Wi-Fi network, seperti kekuatan sinyal atau lokasi Wi-Fi. Untuk lokasi tiap-tiap Wi-Fi Xirrus menampilkannya dengan display yang seperti radar di bagian kiri. 

   Yang menjadi nilai plus bagi Xirrus adalah User Interface-nya yang simpel dan tidak rumit. Selain itu Xirrus juga mampu memperkirakan lokasi suatu Wi-Fi network, tidak seperti pada InSSIDer. Tapi jika dibandingkan dari kelengkapan informasi Wi-Fi nya, Xirrus masih kalah dari InSSIDer. 


Connectify


   Kalau sebelumnya sudah pernah dibahas tentang MHotspot, maka Connectify ini juga tak jauh berbeda. Connectify akan mengubah PC-mu menjadi Wi-Fi Provider yang bisa digunakan oleh orang-orang disekitarmu.

  Tapi sebelum itu kamu juga harus tersambung dengan penyedia layanan internet untuk bisa menyediakan akses Wi-Fi ke perangkat lain. Bisa menggunakan modem, kabel, atau Wi-Fi itu sendiri. Bisa dibilang Connectify menjalankan tugas ganda yakni sebagai receiver dan juga transmitter.  

   Untuk settingannya, kamu bisa mengatur mulai dari nama Wi-Fi, password, dan sistem keamanannya. (Untuk defaultnya menggunakan WPA2-PSK)

   Sayangnya, Connectify hanya tersedia untuk Windows 7 saja. Jadi untuk kamu yang menggunakan OS selain Windows 7 , disarankan untuk menggunakan MHotspot


WeFI


   Pernahkan kamu ingin pergi kesuatu tempat, tapi khawatir kalau tempat itu tidak punya koneksi Wi-Fi? Maka WeFI bisa menjadi solusinya.

   Yep, keistimewaan software ini dibanding InSSIDer dan Xirrus adalah kemampuannya mencari Wi-Fi di luar lokasi. Caranya tinggal mengetikkan alamat yang dikehendaki, maka akan muncul peta lokasi Wi-Fi dalam tampilan seperti Google Maps disertai dengan informasinya. 


Hotspot Shield


   Public Hotspot biasanya rentan terhadap serangan malware karena semua orang bisa memakainya dengan leluasa. Maka dari itu tak jarang banyak kasus serangan malware yang terjadi di Public Hotspot. Nah, kalau kebetulan kamu sering menggunakan Public Hotspot dan ingin menghindari malware  dari situ, maka Hotpsot Shield ini bisa membantumu. 

   Hotspot Shield adalah Wi-Fi Tools yang mampu melindungi PC-mu dari serangan malware di Wi-Fi tadi. Cara kerjanya ialah membuat Secure VPN Connection dan mengenkripsi semua komunikasimu. 

   Interface-nya pun simpel dan mudah. Hanya dengan klik 1 tombol Connect, maka Hotpsot Shield otomatis akan mengarahkanmu ke laman HTTPS atau HTTP Secure, yakni laman HTTP yang aman dari virus maupun malware. Kalau di Google Chrome ditandai dengan logo gembok berwarna hijau di samping kiri URL, serta URL HTTPS yang berwarna hijau. 


Plug and Browse


   Plug and Browse adalah software yang mampu mengorganisasikan banyak Wi-Fi dalam 1 Kategori Wi-Fi. Maksudnya? 

   Jadi misalnya di kantor ada 5 Wi-Fi network dan 2 printer network, kemudian dirumah ada 1 Wi-Fi network dan 1 Printer network, lalu di Cafe dekat rumah ada 4 Wi-Fi network. Nah, Tentunya bakal repot kan, kalau setiap hari kamu harus switching ke Wi-Fi network yang berbeda-beda?

   Makanya, Plug and Browse ini bisa membantumu mengatur Defailt Connection dari sekian banyak network yang ada. Misalnya di kantor menggunakan Wi-Fi A dan Printer Network B sebagai defaultnya. Kemudian di rumah menggunakan Wi-Fi C dan Printer network D sebagai defaultnya. Lalu di Cafe dekat rumah menggunakan Wi-Fi E sebagai defaultnya. Dengan begini kamu nggak perlu lagi gonta-ganti Wi-Fi yang pastinya juga lebih menghemat waktu. 



Sekian dan semoga bermanfaat.


Referensi:
http://www.computerworld.com/article/2515158/windows-apps/mobile-wireless-6-useful-wi-fi-tools-for-windows.html

   

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Suka Pakai Wi-Fi? 6 Tools ini Harus Ada di PC-mu!"

Posting Komentar