Unity Diblokir Google Chrome? Ini Solusinya!

cara memainkan unity di google chrome

   Beberapa waktu lalu (tepatnya 24 April 2015), pengembang Browser Google Chrome sempat membuat kabar yang mengejutkan bahwa pengembang Google Chrome telah memblokir plugin Unity Web Player dari Browsernya. Selain Unity, plugin Java dan Silverlight pun juga bernasib sama.

   Hal ini tentu membuat banyak pihak kecewa karena selama ini Unity selain digunakan sebagai platform internet gaming, Unity juga banyak dipakai oleh developer game dalam menciptakan karyanya.


Dan setelah menunggu sekitar 6 Bulan...

   Akhirnya muncullah sang pahlawan, yang tak lain adalah sebuah plugin bernama GameLoad. Apa itu GameLoad?

   GameLoad berfungsi sebagai perantara antara Google Chrome dengan Unity Web Player dengan cara mengubah game berbasis Unity ke dalam sebuah link dan kemudian dikirim ke sebuah perangkat eksternal, sehingga game yang berbasis Unity tetap dapat dijalankan tanpa terganjal restriksi Google Chrome.

GameLoad - Play Unity Games

   Pada dasarnya, GameLoad tetap mampu dijalankan di broser selain Google Chrome. Hanya saja, untuk menghindari resiko plugin tidak terbaca, developer aplikasi ini tetap menyarankan untuk menginstall GameLoad di Google Chrome.


Cara menginstall GameLoad

   Berikut tutorial penginstallan dan GameLoad untuk browser Google Chrome. Untuk browser selain Google Chrome silahkan dilihat langsung di website GameLoad.

Perhatian! Pastikan browsermu sudah terinstall plugin Unity Web Player


  • Masuk ke Chrome Web Store, cari plugin GameLoad.
GameLoad - Play Unity Games

  • Download pluginnya. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman untuk mendownload apikasi Gameload. kemudian download dan install aplikasinya.
GameLoad - Play Unity Games

  • Selesai!


Cara menggunakan Game Load

  • Setelah proses instalasi selesai, otomatis aplikasi GameLoad akan terbuka dengan tampilan berupa tombol click#1 dan click#2. pilih yang mana saja. Setelah itu akan muncul daftar game yang tersedia. 
GameLoad - Play Unity Games

  • Atau jika ada game lain (berbasis Unity) yang ingin kamu mainkan, cukup pergi ke situs gameflare.com kemudian cari game yang ingin kamu mainkan di kotak search.
GameLoad - Play Unity Games


  • ... Atau cukup klik kanan > Open this site in GameLoad langsung di website game yang ingin kamu mainkan. 
GameLoad - Play Unity Games


Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat video tutorial ini:





Sekian dan semoga bermanfaat.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Unity Diblokir Google Chrome? Ini Solusinya!"

Posting Komentar