3 Tips Hemat Kuota Saat Menonton Youtube


  Seberapa sering kamu menggunakan Youtube? Jangan-jangan pemakaian datamu jadi lebih banyak dari biasanya. Untuk menonton video 480p berdurasi 3 menit saja Youtube sudah menguras datamu sebanyak sekitar 20MB. Sekarang bayangkan jika dalam sehari kamu menonton puluhan video, berapa ratus MB yang dihabiskan?

Baca Juga: Cara Mudah Menghemat Kuota Streaming Youtube hingga 200%

   Nah, sekarang gimana caranya supaya hemat kuota meski menonton banyak video di Youtube? Ada 3 tips menghemat kuota yang bisa kamu coba untuk menghemat pemakaian datamu!


Perkecil Resolusi Video

mengubah kualitas video di youtube

   Memperkecil resolusi video bisa menghemat pemakaian data hingga 80%. Video dengan resolusi 144p akan lebih sedikit mengkonsumsi data daripada video dengan resolusi 480p. Selain itu, semakin kecil resolusi videonya, semakin sedikit pula kemungkinan video mengalami buffering). 


Simpan video dalam bentuk offline

youtube video offline mode

   Youtube baru saja merilis fitur terbarunya, yakni Add Video to Offline. Fitur ini mampu menyimpan video secara offline sehingga kamu bisa menontonnya lagi tanpa perlu koneksi internet. Yang perlu diingat adalah tidak semua video bisa disimpan dalam secara offline. Meski begitu, setidaknya kamu tidak perlu membuang-buang kuota hanya untuk menonton video yang sama berulang-ulang.


Gunakan aplikasi pengkompresi data

opera max

   Opera Max adalah contoh aplikasi android yang bagus untuk urusan menghemat data, terutama video. Itu karena Opera Max melakukan enkripsi data ketika terhubung ke internet, jadi laman web yang masuk dan ditampilkan di browser adalah laman web yang sudah dikompresi. Jadi, daripada membuka Youtube melaui aplikasi Android, cobalah untuk membuka Youtube melaui browser yang fitur kompresinya sudah menyala. Untuk macam-macam aplikasinya, bisa dilihat disini.


   Semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Tips Hemat Kuota Saat Menonton Youtube"

Posting Komentar