8 Launcher Android Terbaik 2015


  Aplikasi launcher untuk Android saat ini sudah cukup dikenal sebagian orang yang bosan dengan tampilan default dari Android dan ingin me-refresh tampilan androidnya dengan yang baru. Cukup banyak aplikasi Launcher yang menawarkan berbagai fitur customization yang cocok dikombinasikan dengan gaya tampilan apapun, apalagi dengan 5 Aplikasi Lockscreen ini.

   Lalu, launcher manakah yang terbaik? Jawabannya, TIDAK ADA. Sebenarnya kalau soal terbaik, itu lebih kepada selera tiap orang. Tapi kalau kamu masih bingung dan butuh referensi, kamu bisa lihat-lihat 8 Android Launcher Terbaik versi pengguna Android, seperti di bawah ini:


Nova Launcher 


   Kalau kamu suka mengutak-atik tampilan ponselmu, Nova bisa menjadi pilihan yang baik. Launcher ini memiliki banyak pilihan kustomisasi yang mudah digunakan dan juga ringan. Terdapat beragam pilihan icon, widget, dan layout yang bisa kamu pilih dan download dari Nova. Bisa dibilang, dengan Nova kamu serasa menciptakan OS mu sendiri.

   Launcher ini terbagi dalam 2 versi, yakni versi gratis (Nova Launcher), dan versi berbayar/paid (Nova Launcher Prime). Apa perbedaannya? Tentunya versi paid memiliki fitur tambahan yang tidak terdapat pada versi free, namun perbedaannya tak terlalu signifikan, artinya dengan versi paid pun tak terlalu berpengaruh pada tampilan ponselmu.


Apex Laucher


  Layaknya Nova Launcher, Apex Launcher pun mampu menampilkan hingga 9 homescreen full widget tanpa mengalami masalah pada performanya. Tersedia juga fitur "Homescreen Gestures" dan "Desktop Lock" yang mampu mengunci susunan aplikasi di desktop untuk mencegah daftar aplikasi berubah secara tidak sengaja. Dan kalau kamu takut kehilangan data, maka fitur "Backup and Restore" bisa menjadi pilihan.

     Launcher ini juga tersedia dalam 2 versi, free dan paid. Versi paid memiliki fitur kustomisasi tambahan, seperti "Unlimited Drawer Tabs", "Enhanced Folder Support", dan "Flexible Theme Options" yang membuat Apex mampu menggunakan berbagai tema dari launcher selain Apex (Seperti ADW Launcher, GO Launcher, dll.) 


Action Launcher 3


   Dengan update terbarunya, Action Launcher 3 menampilkan kombinasi tema antara Android Lollipop dengan Material Design. Namun rupanya Action tidak seperti Nova dan Apex yang menonjolkan kustomisasi penuh, justru Launcher ini lebih menonjolkan Quick Access ketimbang kustomisasinya.

   Action menyediakan slide out-app drawer untuk daftar menu aplikasi dan widgetnya dengan susunan yang alfabetis sebagai ganti dari daftar aplikasi default manakala kita harus menekan home button untuk menampilkannya. Dan lagi-lagi, Launcher ini juga tersedia dalam 2 versi (Free dan Paid). 


EverythingMe Beta  

   EverythingMe juga memiliki tampilan yang sederhana dan lain dari 2 Launcher pertama di atas. Yang membedakannya ialah fitur Prediction Bar dinamis yang dapat menyesuaikan dengan kondisimu sekitarmu saat itu juga, misalnya menampilkan berita saat pagi, notes atau aplikasi produktivitas saat jam sekolah/ kerja, dan hiburan atau games di waktu istirahat. Fitur Smart Folder yang mampu mengorganisir aplikasi juga turut melengkapi fitur yang ditawarkan dalam Launcher ini.


Yahoo Aviate

 
   Penyedia layanan Email Yahoo! tampaknya mulai berekspansi ke dalam dunia smartphone Android dengan meluncurkan Yahoo Aviate. biarpun termasuk 'baru' namun kelebihan yang ditawarkan tidak kalah menariknya dengan Launcher yang lainnya.

   Sama seperti Action dan EverythingMe, Aviate juga mengusung tema minimalis yang mampu menunjang produktivitas penggunanya. Bisa dibilang, Aviate adalah perpaduan dari Action dan EverythingMe. Aviate memanjakan penggunanya dengan fitur Quick Access yang terdiri dari 3 homescreen utama dan Widget Homescreen yang mampu menampilkan info-info terkini sesuai dengan kondisi sekitarmu. Untuk kamu yang selalu memiliki jadwal padat, Aviate cocok dengan pilihanmu.


Zero Launcher


   Ingin smartphonemu tampil keren, tapi memori tidak bersahabat? Zero bisa menjadi pilihan alternatif untukmu. Launcher besutan Zero Team ini memiliki size yang kecil namun tidak lantas mengurangi kualitas tampilannya. Zero justru menyediakan icon pack dan wallpaper HD, serta efek 3D yang memukau untuk opsi kustomisasi tampilannya.

   Yang menarik, Zero Team telah mengklaim launcher buatannya hanya butuh waktu kurang dari 1 detik untuk diluncurkan! Berapa harganya untuk semua kelebihan itu? Jawabannya adalah... GRATIS!


Smart Launcher 2

"Minimalis bukan berarti kurang fitur" 
Itulah slogan yang tepat bagi Launcher yang satu ini. Layaknya Aviate atau EverythingMe, Smart memiliki tampilan minimalis user-friendly dan didukung fitur plugin yang bisa didownload dan disesuaikan dengan penggunanya.

   Menariknya, Launcher buatan GinLemon ini kampatibel dengan semua perangkat Android, entah itu ponsel, tablet, atau bahkan Google TV pun Smart masih mampu dijalankan tanpa hambatan. Satu lagi, jika kamu punya aplikasi rahasia yang tidak bisa kamu perlihatkan kepada temanmu, Smart mampu menyembunyikannya dengan password.


Buzz Launcher

   Sekilas Buzz tidak ada bedanya dengan GO Launcher. Namun siapa sangka kalau Buzz menyimpan lebih dari 800.000 tema yang bisa kamu download gratis! Yep, Buzz memang lebih mengutamakan ke kustomisasi tema ketimbang widgetnya, tapi jika kamu ingin melengkapi widget Buzz yang sudah ada, kamu bisa mendownload Widget Pack nya di PlayStore.

   Dari segi Interface Buzz mudah digunakan dan dikustomisasi, ditambah dengan fitur 'Restore' jika kamu ingin kembali ke tampilan default. Nah, kalau kebetulan kamu suka update medsos, kamu bisa 'pamerin' Homescreen mu ke teman-teman dengan menu share.



Sekian dan semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Launcher Android Terbaik 2015"

Posting Komentar