9 Aplikasi yang Bikin Tampilan Notifikasi Makin Keren

9 Aplikasi yang Bikin Tampilan Notifikasi Makin Keren

   Kamu yang sudah lama pakai Android pasti jenuh dengan tampilan notifikasi yang 'itu-itu aja'. Lalu, apakah tidak ada cara untuk mengganti tampilan notifikasi yang sesuai dengan keinginan kita? Ada kok!
   Ternyata ada banyak pilihan aplikasi semacam ini. Menariknya, aplikasi ini tidak membutuhkan akses root dan memiliki banyak pilihan kustomisasi mulai dari yang ala Facebook hingga khas Windows 8 pun tersedia. Penasaran? Simak artikel di bawah ini!


Floatifications

floatifications

   Foatifications, atau singkatan dari "Float Notifications" adalah aplikasi notifier yang menawarkan pengalaman berbeda dalam melihat pemberitahuan di Androidmu. Kalau kamu menggunakan aplikasi Facebook Messenger, pasti kamu sidah tak asing lagi dengan gaya tampilan Floatifications. 

   Yang menarik, aplikasi ini juga bekerja di mode full-screen. Kalau biasanya kamu harus kembali ke menu home ketika ada sms masuk, sekarang dengan Floatifications kamu bisa melihat sms yang masuk sambil ngegame atau nonton video. 

   Supaya Floatifications mampu menampilkan notifikasi seperti Android secara normal, pertama-tama kamu harus menambahkan Floatifications ke menu "Notification Access" dengan cara Settings > Security > Notification Access. Setelah itu barulah Floatifications dapat bekerja dan kamu bisa menikmati gaya notifikasi ala Facebook Messenger ini. 

Download Floatifications disini:



Metro Notifications

metro notifications

   Untuk kamu yang ingin HPnya bertema ala Windows 8, cobalah menginstall aplikasi yang satu ini, Metro Notifications

   Aplikasi ini dalam penggunaannya terbilang cukup simpel. Cukup pilih aplikasi yang ingin dimunculkan notifikasinya, dan Metro Notifications langsung bekerja. Untuk menghilangkan notifikasi caranya sama seperti biasa, tinggal geser ke kanan atau ke kiri. 

   Metro Notifications memiliki fungsi kustomisasi yang melimpah. Kamu bisa mengatur mulai dari warna, ukuran panel, gambar kontak, dan banyak lagi. Kamu juga bisa mengatur tempat munculnya notifikasi seperti di bawah, di samping, atau di tengah layar. 

Download Metro Notifications disini:



Notif Pro

Notif Pro

   Kalau kamu mencari aplikasi notifier yang kaya fitur, maka Notif Pro adalah aplikasi yang kamu butuhkan. 

   Notif Pro tidak hanya berfungsi sebagai notifier, namun juga merangkap sebagai reminder. Cukup masukkan agenda kegiatanmu hari ini, dan Notif Pro akan mengingatkannya untukmu. 

   Menariknya lagi, notifier ini memiliki fitur untuk menambah custom nitification lewat perintah suara. Fitur ini bekerja baik untuk perintah yang sederhana. Namun untuk perintah-perintah kompleks, fitur ini belum bekerja dengan semestinya. 

   Di tiap-tiap notifikasinya kamu bisa menambahkan ikon (Total ada 20 ikon) yang bisa kamu gunakan untuk mengelompokkan sekaligus membedakan notifikasi satu dengan yang lain. 

Download Notif Pro disini:



DynamicNotifications

DynamicNotifications

   DynamicNotificatins, atau dulunya bernama ActiveNotifications ini sedikit berbeda dibanding saudara-saudaranya. Aplikasi notifier yang satu ini justru menampilkan notifikasi pada lockscreen HP. 

   Memang beberapa gadget Android baru-baru ini memiliki settingan yang mampu menampilkan notifikasi pada lockscreen, namun bukan berarti aplikasi ini kini tidak lagi berguna. Masalahnya adalah tidak semua pabrikan gadget Android mendesain produknya agar mampu menampilkan notifikasi pada lockscreen, khususnya pada gadget-gadget keluaran lama. Nah, di situlah fungsi dari aplikasi ini. 

   Selain menampilkan notifikasi pada lockscreen, DynamicNotifications juga mampu menayangkan notifikasi dalam posisi layar mati (screen off)

   Dalam proses penginstallan dan pengoperasiannya, DynamicNotifications sama halnya dengan aplikasi notifier lainnya. Setelah diinstall, kamu harus mendaftarkannya ke menu "Notification Access" (lihat di Floatifications). Setelah itu baru kamu bisa menambahkan aplikasi dengan men-drag ikon aplikasi yang dipilih ke dalam dock lockscreen

Download DynamicNotifications disini:



Flash Notification 2

Flash Notification 2

   Kalau kamu ingin notifikasi yang lebih "berwarna", cobalah Flash Notification 2 ini. Aplikasi notifier ini sedikit unik, yakni menggunakan fungsi screen flash sebagai penandanya. Ingat ya, screen flash, bukan senter HP. 

   Fungsi Kustomisasi yang disediakan meliputi warna layar, jumlah flash (per detik), durasi flash, intensitas warna (thickness), dan gaya flash saat menerima notifikasi. 

   Berhubung aplikasi ini tersedia GRATIS di Play Store, maka waspadalah karena akan ada saat dimana kamu bakal diganggu oleh adanya iklan. 

Download Flash Notification disini:



Desktop Notification

Desktop Notification

   Lagi sibuk ngerjain tugas di Laptop, tapi rasanya males banget ngambil HP cuma buat liat siapa yang nge-BBM kamu hari ini? Sudah saatnya kamu butuh Desktop Notification.

   Aplikasi ini sebenarnya adalah notification synchronizer yang akan mensinkronkan dan menampilkan notifikasi yang ada di gadgetmu ke dalam desktop PC.

   Bagaimana cara kerjanya? Nah, pertama kamu harus menginstall aplikasi Desktop Notification for Android di HPmu, kemudian install Desktop Notification ke dalam browser Google Chrome. Selanjutnya log in ke Google+ dengan akun yang sama. Setelah itu lakukan proses pairing dengan memasukkan kode sinkronisasi, dan selesai! Untuk mengetesnya gunakan tombol "test" yang ada di aplikasi Android.

   Dalam penggunaannya aplikasi ini bekerja dengan baik pada hampir semua notifikasi seperti sms, panggilan, email, dan notifikasi medsos seperti Facebook atau Twitter, hanya saja kurang responsif pada notifikasi panggilan masuk.

Download Desktop Notification disini:



Megasound Beta

Megasound Beta

   Megasound Beta adalah notifier yang memberikan cara baru dalam 'melihat' notifikasi. Aplikasi ini tidak mengubah tampilan notifikasi gadget kamu, melainkan mengkustomisasi ringtone dari notifikasi tersebut. 

   Aplikasi ini akan membedakan notifikasi yang masuk dengan ringtone yang berbeda pula. Misalnya sms dengan ringtone A, email dengan ringtone B, dan seterusnya. Jadi kamu tidak perlu membuka lockscreen hanya untuk melihat notifikasi yang masuk. Cukup dengarkan nadanya, dan kamu akan tahu apa yang ada di gadgetmu. 

   Mengingat aplikasi ini masih dalam versi Beta, pastinya ada beberapa bug yang menempel di dalamnya. Maka disarankan untuk sering-sering mengupdate aplikasi ini agar terbebas dari bug.

Download Megasound Beta disini:



SpeakMe

SpeakMe

   Ingin membuat HPmu kelihatan secanggih JARVIS-nya Tony Stark? Aplikasi notifier SpeakMe bisa melakukannya. Berbeda dengan aplikasi notifier yang lain, SpeakMe adalah aplikasi third-party yang mampu membacakan pesan (misalnya sms) yang masuk. 

   Untuk menggunakan aplikasi ini caranya sama seperti di atas. Setelah SpeakMe terinstall di HP, cukup pilih aplikasi yang ingin ditampilkan notifikasinya.

Download SpeakMe disini:



Mumble

Mumble

   Untuk yang butuh respon cepat saat chattingan sama pacar (apalagi kalo si doi orangnya posesif, hihi), Mumble sangat disarankan. Aplikasi ini memang ditujukan untuk orang yang punya kebiasaan chatting yang rutin. 

   Dibanding mengubah notifikasi, Mumble lebih ke aplikasi yang mengatur mode getaran (vibration) pada HP berdasarkan banyaknya karakter pesan teks yang masuk. Jadi semakin banyak huruf di sms yang masuk, semakin kuat pula HP bergetar. Ada juga fungsi untuk mengabaikan pesan yang hanya 1 karakter atau pesan perbaikan typo.

   Setelah Mumble terinstall di HP kamu harus men-setting getaran untuk sms dan aplikasi chatting lainnya, yang akan sedikit memakan waktu. Opsi instruksi juga tersedia kalau-kalau kamu kebingungan saat men-setting Mumble, dan setelah selesai barulah kamu bisa menikmati aplikasi ini. 

   Oya, kamu juga bisa mengatur custom vibration berdasarkan kategori pesan, seperti Negative, Positive, NSFW, Bussiness, atau Emergency, jadi kamu bisa tahu isi pesanmu bahkan sebelum kamu membukanya. Praktis kan?

Download Mumble disini:


Sekian dan semoga bermanfaat.


Referensi:
http://thenextweb.com/apps/2014/04/19/11-android-apps-make-notifications-interesting/
 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Aplikasi yang Bikin Tampilan Notifikasi Makin Keren"

Posting Komentar