Cara Kurangi Konsumsi RAM Google Chrome Hingga 99%

   Selama ini kita mengenal Google Chrome sebagai salah satu web browser terbaik setelah Mozilla. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya web browser yang satu ini juga banyak dikeluhkan karena konsumsi RAM yang rakus? Kira-kira beginilah seberapa rakusnya web browser buatan Google ini:


Apa saja faktor yang menyebabkan Google Chrome menghabiskan RAM sebanyak itu?

Penggunaan Banyak Tab

Cara Kurangi Konsumsi RAM Google Chrome Hingga 99%

   Berapa banyak kamu membuka tab dalam sekali browsing? Apakah tab tersebut kamu pakai untuk streaming video atau bermain game online
   Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas mempengaruhi banyaknya RAM yang dikonsumsi oleh Chrome, karena 1 tab oleh Chrome dihitung 1 proses. Intinya, semakin banyak tab yang kamu buka, semakin banyak pula RAM yang 'dimakan'. Begitu juga dengan aktivitas yang kamu lakukan saat browsing. Streaming video atau bermain game online akan jauh berbeda dengan hanya membaca artikel saja. 


Tab Facebook

Cara Kurangi Konsumsi RAM Google Chrome Hingga 99%

   Entah kenapa dan kampretnya, Facebook malah turut ambil bagian untuk menguras kapasitas RAM PC kita. Dan lebih kampret lagi ternyata penggunaan RAM facebook hampir menyaingi Google Chrome sendiri (sekitar 11:12 lah) seperti yang terlihat di screenshot ini:


Penggunaan Ekstensi yang Berlebihan


   Di satu sisi penggunaan ekstensi pada Chrome sangat membantu beberapa pekerjaan. Namun di satu sisi lagi penggunaan ekstensi bisa berpengaruh terhadap konsumsi RAM pada Google Chrome, dengan catatan tidak semua ekstensi membutuhkan konsumsi RAM yang banyak. Kamu bisa menonaktifkan atau menghapus ekstensi yang kamu punya lewat settings > extension > lalu pilih ekstensi yang dikehendaki. 


Membuka Banyak User Sekaligus

Cara Kurangi Konsumsi RAM Google Chrome Hingga 99%

   Google Chrome memang menyediakan fitur multi-user yang memungkinkan 2 atau lebih pengguna memakai Chrome dengan memasikkan akun Google Plus-nya masing-masing. Tapi jangan harap bisa surfing tanpa lag kalau kamu mengaktifkan banyak user dalam satu aplikasi Chrome.

Adakah cara untuk mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome?

   Beberapa cara sederhana di bawah ini dijamin bisa mengurangi konsumsi RAM Google Chrome hingga hampir 99%! 


1. Download Ekstensi OneTab

OneTab Extension

   Kalau aktivitas browsingmu sering membuka banyak tab, ekstensi yang satu ini wajib kamu punya. Cara kerjanya ialah mengubah tab yang telah kamu buka ke dalam satu tab saja yang berisi link-link dari tab yang kamu buka tadi. menurut one-tab.com, cara ini mampu mereduksi konsumsi RAM hingga 95%!



2. Download The Great Suspender

The Great Suspender

   Ada cara lagi untuk mengurangi konsumsi RAM pada Google Chrome, yaitu dengan mendownload ekstensi The Great Suspender. Ekstensi ini dalam durasi tertentu akan mensuspensi/ menonaktifkan tab yang terbuka secara otomatis. Yaa... Kalau diumpamakan ke PC lebih seperti hibernate lah. 


   Nah, setelah mendownload kedua ekstensi di atas, berarti kamu bisa menghemat penggunaan RAM Google Chrome-mu hingga hampir 99%. 

   Cara di atas hanya berlaku untuk PC saja. Untuk smartphone kebetulan Saya belum menemukan. Mungkin akan Saya bahas di lain kesempatan. Sekian dari Saya dan semoga bermanfaat. 

Referensi:
http://www.hostdime.com/blog/reduce-ram-google-chrome/


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Kurangi Konsumsi RAM Google Chrome Hingga 99%"

Posting Komentar