Tidak Bisa Browsing Padahal Koneksi Internet Stabil? Ini Cara Mengatasinya

Mengatasi Tidak Bisa Browsing Padahal Koneksi Internet Stabil

   Pernah mengalami kejadian seperti ini? Tentunya sangat menjengkelkan dan membingungkan ketika browser gagal menyambung ke internet, padahal koneksi internet di tempat kita lagi ngebut-ngebutnya. Teman Saya yang pernah mengalami kejadian seperti ini bertanya kepada Saya. Dan setelah mencari kesana-kemari dengan bantuan mbah Google, akhirnya dari sebuah situs bernama kini.co.id terungkap jawaban dari masalah tadi. Tapi sebelum membahas lebih lanjut, Saya akan memberikan sedikit ulasan mengapa permasalahan ini bisa terjadi. 

   Pada umumnya, permasalahan ini bisa terjadi karena 4 hal. Pertama, karena kamu baru saja membersihkan registry Windows. Kedua, kamu tidak sengaja mematikan salah satu service dalam sistem operasi Windows. Ketiga, sistem operasi diserang oleh virus komputer. Dan keempat, windows socket PCmu tidak berjalan dengan normal. 

   Tapi, sebelum kamu keburu suudzon dengan registry komputermu, ada baiknya kita pastikan dulu kalau koneksi internetmu benar-benar stabil:
  • Buka command prompt dengan menekan tombol windows+R, lalu ketikkan cmd.
  • kemudian ketik ping www.google.com. tunggu beberapa saat hingga kamu menerima reply dari server Google. Jika tidak, berarti ada masalah pada koneksi internetmu. 
Mengatasi Tidak Bisa Browsing Padahal Koneksi Internet Stabil


   Nah, setelah memastikan kalau koneksi internetmu stabil, mari kita lanjut ke tahap berikutnya. 
  • Buka command prompt sebagai administrator. Untuk windows 8 bisa dengan klik kanan tombol start lalu pilih command prompt (admin)
  • Ketikkan command berikut: netsh int ip reset resetlog.txt ,kemudian tekan enter.
  • Setelah ada tanda konfirmasi, ketikkan lagi command berikut: netsh winsock reset. tekan enter. Jika sudah, maka akan muncul pesan seperti pada screenshot  di bawah:
Mengatasi Tidak Bisa Browsing Padahal Koneksi Internet Stabil

  • Untuk merasakan efeknya, restart komputermu. 
   Sekarang coba lakukan browsing dengan broswer yang biasa kamu pakai. Apakah sudah beres atau masih bermasalah? Jika iya, coba nonaktifkan firewall Windows dan matikan Antivirus komputermu sebelum kembali browsing.


Sekian dan semoga bermanfaat



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tidak Bisa Browsing Padahal Koneksi Internet Stabil? Ini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar