Trik Mengoptimalkan Penyimpanan Cloud Drive

Trik Mengoptimalkan Penyimpanan Cloud Drive

   Seiring dengan berkembangnya teknologi, kebutuhan akan data pun juga semakin meningkat. Akhirnya, karena hard drive perangkat tidak mencukupi lagi, banyak orang yang mulai memigrasikan data miliknya ke media penyimpanan berbasis awan, atau istilah populernya Cloud Drive. 

   Masalah selesai? Belum. Ternyata penyedia cloud drive juga mengatur batas maksimal penyimpanan data di tiap akunnya, sehingga pengguna tidak bisa leluasa dalam menyimpan file, terutama untuk kategori file berukuran besar. Kalau pun ingin ditambah, penggunanya harus berlangganan paket bulanan dan merogoh kocek yang lebih dalam lagi. 

   Lalu, Adakah cara untuk mengakali agar kapasitas penyimpanan cloud drive bisa maksimal? Untuk kamu yang sedang mengalami hal serupa, cara berikut ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi minimnya kapasitas penyimpanan cloud drive yang kamu gunakan.


Pilih cloud drive yang cocok dengan kebutuhan

cloud drive

   Kalau kamu belum terlanjur memindahkan datamu ke cloud drive, ada baiknya melakukan survey berbagai macam layanan cloud drive. Dari situ nantinya kamu bisa menyimpulkan sendiri layanan cloud drive yang cocok dengan kebutuhanmu. Sebagai contoh, apakah kamu hendak menggunakan cloud drive untuk menyimpan file-file besar (di atas 500 MB) atau hanya untuk file dokumen saja? Kalau kamu hendak menggunakannya untuk menyimpan file besar maka carilah layanan yang kapasitas penyimpanan per-akunnya tinggi, semisal MEGA


Kelola file yang tersimpan

   Selain di perangkat fisik, mengelola file yang tersimpan juga perlu dilakukan di cloud drive milikmu. Cari dan pilah file yang masih terpakai dengan yang sudah tidak, kemudian hapus semua file yang tidak terpakai. 

dropbox


Use it with your friends!

dropbox

   Beberapa penyedia layanan cloud drive (seperti Dropbox) menyediakan fitur invite friends to get, yang mana jika kamu mengajak temanmu untuk menggunakan layanan cloud drive yang sama, kamu akan mendapat tambahan ruang penyimpanan.


Sekian dan semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Trik Mengoptimalkan Penyimpanan Cloud Drive"

Posting Komentar